Jumat, 29 Maret 2013

Koleksi Foto Pencak Silat Pagar Nusa

Koleksi Foto Pencak Silat Pagar Nusa

Di dalam Lingkungan pesantren NU, banyak sekali terdapat aliran Pencak Silat, yitu pencak silat jawa tengah, jawa barat, jawa timur, cimande, minang, betawi, dan lain lain. Oleh karena itu salah satu tujuan dibentuknya pagar nusa adalah untuk menyatukan semuanya. Pagar Nusa adalah wadah untuk menyatukan pencak silat di bawah naungan NU. Wadah ini masih tetap membuka keragaman dan juga keluasaan dari masing masing aliran untuk tetap mengembangkan diri. Sehingga meskipun banyak keragaman akan tetapi masih tetap satu saudara.

Berikut ini adalah beberapa koleksi foto pencak silat Pagar Nusa:





Koleksi Foto Pencak Silat Cimande

Koleksi Foto Pencak Silat Cimande

Pencak silat Cimande di populerkan oleh bapak Sakir. Beliau merupakan tokoh Pencak Silat yang memiliki banyak pengetahuan mengenai Pencak Silat serta memiliki perihal ilmu kebatinan. oleh karena itu gerakan Pencak Silat ciptaan Bapak Sakir terkenal dengan istilah Pencak Silat Cimande.

Berikut ini adalah koleksi foto pencak silat Cimande.




 

Jumat, 22 Maret 2013

Koleksi Foto Tendangan Pencak Silat

Koleksi Foto Tendangan Pencak Silat

Berikut ini saya berikan beberapa koleksi tendangan pencak silat, dimana para pesilat memperagakan tendangan silat dan mengenai lawan di dalam lapangan pertandingan, langsung saja kita ke TKP:






Rabu, 20 Maret 2013

Video Atraksi Pencak Silat Pada Film The Raid

Video Atraksi Pencak Silat Pada Film The Raid

Kita seudah tahu bahwa film action The Raid telah banyak dikenal di dunia dan secara tidak langsung juga ikut pula mengharumkan olah raga beladiri pencak silat di mata dunia. 

Olahraga beladiri pencak silat yang berasal dari Indonesia mungkin belum terkenal seperti beladiri Kung Fu yang berasal China, beladiri Muay Thai yang berasal dari Thailand, juga beladiri Capoeira yang berasal dari Brazil. Namun kali ini pengenalan pencak silat pada seluruh dunia agak berbeda, yaitu lewat film asli Indonesia, The Raid.

Film Action asli Indonesia yang berjudul The Raid telah diputar di seluruh dunia, The raid adalah film bergenre action. Bukan hanya bagus dari segi cerita dan akting, tapi juga menampilkan pencak silat sebagai olahraga asli Indonesia.

Ingin tahu Video atraksi Pencak Silat pada film The Raid. berikut ini videonya. selamat menyaksikan.
 

Video Pencak Silat Merpati Putih

Video Pencak Silat Merpati Putih

Merpati Putih merupakan salah satu perguruan pencak silat bela diri Tangan Kosong (PPS Betako) dan adalah budaya bangsa, mulai terbentuk aliran jenis beladiri ini pada sekitar tahun 1550-an dan perlu dilestarikan serta dikembangkan selaras dengan perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan serta teknologi dewasa ini. Berikut ini adalah Video pertandingan pencak silat merpati putih. dimana video ini kami dapatkan dari situs youtube. anda bisa menonton video pencak silat merpati putih berikut ini secara online. langsung saja berikut ini video pencak silat merpati putih.


Selasa, 19 Maret 2013

Gambar Jurus Pencak Silat Tapak Suci

Gambar Jurus Pencak Silat Tapak Suci

Jurus dasar Pencak Silat Tapak Suci adalah tata gerak dasar yang berbentuk lontaran, berlintasan,serta bertumpu pada kecepatan, ketepatan, dan kekuatan.

Jurus dasar Pencak Silat Tapak Suci dibagi atas dasar bagian anggota tubuh yang digunakan sebagai alat penyasar. Bentuk jurus dasar Pencak Silat Tapak Suci dibedakan atas dasar penggunaannya adalah sebagai berikut:

1. Alat penyasar = adalah anggota bagian tubuh yang digunakan untuk menyerang atau menangkis.

2. Lintasan = adalah garis yang dilalui oleh alat penyasar, bisa lurus, lingkar, atau gabungan lurus-lingkar.

3. Arah = adalah letak titik sasaran terhadap titik awal lintasan.

4. Pelaksanaan = adalah cara melontarkan alat penyasar.

5. Teknik kegunaan = gerak yang tepat menuju sasaran.

Pada umumnya, jurus dasar Pencak Silat Tapak Suci mengambil dari nama flora dan fauna. Tujuannya adalah agar mudah untuk menghafalnya.

Berikut ini adalah gambar beserta Keterangannya Jurus Pencak Silat Tapak Suci.
1. Bunga Mawar Mekar
Alat penyasar jurus ini adalah punggung telapak tangan dengan bentuk tangan tiga jari melengkung, telunjuk lurus, ibu jari melengkung renggang. Lintasan lurus dalam keluar bawah. Teknik kegunaan adalah untuk tangkisan.

2. Bunga Mawar Layu
Alat penyasar di jurus bunga mawar layu berikut adalah telapak tangan dalam dengan bentuk tangan tiga jari melengkung, telunjuk lurus, ibu jari melengkung renggang. Lintasan lurus dalam ke dalam bawah. Fungsinya teknik ini adalah untuk tangkisan.

3. Jurus Katak Melempar Tubuh

Alat penyasar adalah pangkal jari tengah dan telunjuk pada permukaan tangan mengepal. Lintasan lurus ke tengah.Teknik kegunaan adalah serangan (pukulan).

4. Naga Terbang
Alat penyasar adalah sisi telapak tangan luar bagian dalam, empat jari terbuka rapat, ibu jari ditekuk. Lintasan keluar datar.Teknik kegunaan adalah serangan (pukulan).

5. Tandukan Lembu Jantan
Alat penyasar adalah seluruh permukaan siku. Lintasan lingkar ke dalam datar. Kegunaan adalah serangan (sikutan).

6. Jurus Harimau Membuka Jalan

Adalah jurus teknik menendang dimana Alat penyasar adalah tumit kaki bagian dalam, kelima jari menekuk ke atas. Lintasan lingkaran ke dalam lurus.

7. Ikan terbang menjulang ke angkasa 

Yaitu Teknik menendang dimana alat penyasar adalah ujung telapak kaki, kelima jari membentuk sudut ke atas. Lintasan lurus ke depan tengah.

8. Jurus Ikan terbang menggoyang sirip

Jurus ikan terbang menggoyang sirip adalah teknik tendangan dimana Alat penyasar adalah punggung kaki pada kelima jari kaki rapat melengkung ke dalam. Lintasan lingkar ke dalam datar. 

9. Tangkai Mawar tertiup angin

Fungsi dari jurus tangkai mawar tertiup angin di tapak suci adalah untuk menghindari serangan/ jurus menghindar. Hindaran setengah badan dengan meliukkan pinggang keluar . Hindaran setengah badan dengan meliukkan pinggang ke dalam.

Berikut ini saya berikan juga video tutorial jurus Tapak Suci yaitu memperagakan jurus harimau.

source : http://sil4t.wordpress.com/2008/06/05/jurus-dasar-dan-tehnik-praktis-2/

Video Teknik Pencak Silat Jarak Dekat

Video Teknik Pencak Silat Jarak Dekat

Berikut ini adalah video teknik pencak silat jarak dekat, dimana berisikan tutorial bagaimana mengatasi lawan ketika berhadapan dengan jarak dekat/ pertarungan jarak dekat.

Teknik Dasar Pencak Silat

Teknik Dasar Pencak Silat Beserta Gambarnya.

Sebelumnya perlu kita ketahui bahwa Beladiri pencak silat merupakan tradisi bangsa Indonesia yang sudah turun temuran di wariskan kepada generasi hingga sekarang, bahkan pencak silat kini telah menjadi olah raga resmi yang dipertandingkan di SEA GAMES.

Di Pencak Silat Dikenal adanya Kuda-kuda. Fungsi dari Kuda- kuda di pencak silat diantaranya adalah untuk memperkokoh  atau memperkuat  posisi berdiri kaki kita di saat melakukan penyerangan maupun tangkisan terhadap lawan. Pembentukan sikap dasar pencak silat sikap berdiri  ada tiga yaitu sikap berdiri tegak, sikap kangkang, dan sikap kuda-kuda. Ada 6 kuda - kuda yang mendasari dalam pencak silat, berikut ini akan kami jelaskan satu persatu dilengkapi dengan gambar :

1. Sikap Kuda Kuda Depan 
yang dimaksud dengan sikap Kuda-kuda depan adalah dibentuk dengan posisi kaki didepan ditekuk dan kaki belakang lurus, telapak kaki belakang serong ke arah luar, berat badan ditumpukan  pada kaki depan, badan tegap dan pandangan kedepan. 

2. Sikap Kuda Kuda Belakang 
Ikap Kuda Kuda belakang di pencak silat yang dimaksuda adalah Berat badan kuda-kuda belakang di bentuk dengan bertumpu pada kaki belakang. Tumit yang dipakai sebagai tumpuan tegak dengan panggul, badan agak condong ke depan, kaki depan di injit dengan, menapak dengan tumit atau ujung kaki. Berikut ini akan kami sertakan gambar untuk lebih jelas nya.
3. Kuda Kuda Tengah 
Yang dimaksud dengan kuda kuda tengah di pencak silat adalah dengan kedua kaki ditekukan dengan titik berat badan berada ditengah.
 4. Kuda Kuda Samping
Kuda-kudasamping yang dimaksud diatas adalah cara untuk melakukan dengan satu kaki ditekuk dan kaki yang lain lurus ke samping, berat badan pada kaki yang ditekuk, bahu sejajar atau segaris dengan kaki. Untuk lebih jelasnya maka berikut ini kami sertakan gambarnya.
  5. Kuda Kuda silang depan
Kuda kuda silang depan dalam pencak silat yang dimaksud diatas adalah Kuda-kuda silang yang dibentuk dengan menginjakkan satu kaki ke depan atau kebelakang kaki yang lain, berat badan ditumpukan pada satu kaki, kaki yang lain ringan sentuhan dengan ibu atau ujung jari kaki. Unruk lebih jelasnya maka berikut ini akan kami sertakan gambarnya.

 6. Kuda Kuda Silang Belakang
Maksud dari Kuda Kuda Selang Belakang di dalam pencak silat diatas adalah kuda-kuda dengan salah satu kaki berada di belakang  dengan keadaan menyilang dan kaki di tumpukan ke belakang,badan tetap lurus agar tidak jatuh saat melakukan  gerakan tersebut. Berikut gambar dari kuda kuda silang belakang untuk lebih jelasnya.

 source: http://kuda2silat.blogspot.com/2012/10/teknik-dasar-dalam-pencak-silat.html


Sabtu, 16 Maret 2013

Maen Game Pencak Silat Online

Maen Game Pencak Silat Online

Jika anda mencari game pencak silat, tidak perlu bingung karena pada kesempatan kali ini kami akan memerikan kepada anda Game Pencak Silat yang dapat anda mainkan secara online di internet. Game ini sangat seru karena dilengkapi oleh pendekar pendekar silat dari berbagai aliran dan disertai juga jurus yang bermacam macam dari masing masing pendekar.

Baiklah langsung saja nikmati game pencak silat online berikut ini. terlebih dahulu klik DISINI


Logo Pencak Silat

Logo Pencak Silat

Pencak Silat di Indonesia tumbuh dan berkembang menjadi berbagai macam aliran, setiap aliran bela diri pencak silat memiliki logo sendiri. berikut ini beberapa koleksi Logo Pencak Silat di Indonesia dari berbagai macam aliran pencak silat.

1. Logo Pencak Silat Cempaka Putih

2. Logo Pencak Silat Pagar Nusa
3. Logo Pencak Silat Merpati Putih
4. Logo Pencak Silat Bunga Islam
5. Logo Pencak Silat PSHT

Itu tadi beberapa logo berbagai macam aliran pencak silat, masih banyak lagi macam - macam logo dari berbagai aliran pencak silat yang ada di indonesia. anda bisa mencarinya di mesin pencarian google. terimakasih

Jumat, 15 Maret 2013

Kumpulan Koleksi Vidio Pencak Silat

Kumpulan Koleksi Vidio Pencak Silat

Berikut ini saya akan memberikan beberapa koleksi vidio pencak silat, silat di Indonesia terdapat berbagai macam aliran, hampir 600 aliran silat yang ada di Indonesia. Vidio pencak silat berikut ini bisa anda saksikan secara online di blog ini. selamat menyaksikan

1. Vidio Pencak Silat Pagar Nusa
Dalam Vidio Pencak Silat Pagar Nusa berikut ini memperlihatkan Gerakan Dasar Pencak silat Pagar Nusa.




2. Vidio Pencak Silat PSHT
Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate adalah perguruan bela diri yang juga mengajarkan seni keindahan. Gerakan lemah gemulai ini diperankan oleh cewek seksi yang bernama Ninin - Jingglong Lodoyo Blitar

 3. Vidio Pencak Silat Cimande
 Pencak Silat Cimande Macan Guling Presentation Clip. West Javanese pencak silat style from Serang - Banten
3. Vidio Pencak silat Tapak Suci
pertandingan pencak silat tapak suci batam, di publikasikan oleh misbahuddin di internet youtube dot com, kategori: pencak silat, ipsi, beladiri, jurus-jurus, pertandingan, laga, latihan, tips, trik.
4. Vidio Pencak Silat Cempaka Putih demonstrasi pencak silat cempaka putih

Kamis, 14 Maret 2013

Pencak Silat Cempaka Putih

Pencak Silat Cempaka Putih

Pencak silat adalah suatu kebudayaan yang tumbuh dan digali oleh nenek moyang Bangsa Indonesia dan diwariskan kepada anak cucu melalui proses panjang secara turun-temurun dan mengandung nilai-nilai budaya, Tradisi atau adat sakral. Salah satu kebudayaan yang diwariskan oleh nenek moyang bangsa Indonesia adalah pencak silat yang di dalamnya terkandung unsur beladiri, olah raga dan seni serta tersimpan pula ilmu-ilmu lahir maupun batin. Pencak silat pada jaman nenek moyang kita merupakan silat yang ampuh digunakan oleh para tentara kerajaan untuk mempertahankan kedaulatan kerajaan. Adapun pencak silat dapat diartikan= “ ngepenke kawikcasanaan” (mengutamakan kebijaksanaan) SILAT= “ sinau” (belajar) “ilmu” “laku” (kegiatan) “amanah” “Tuhan”(allah).

Sejarah Pencak Silat Cempaka Putih

Bapak Wagiman, lahir di kota Magetan tanggal 31 januari 1944.. Dengan penuh tantangan dan kendala Bp. Wagiman pada tahun 1966 masa itu mulai merintis dan menata kesinambungan budaya pencak silat yang telah diwarisinya.

Pada saat itu di kabupaten Magetan masa kekosongan Organisasi Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI). Jadi Organisasi Pencak Silat yang berada di kabupaten Magetan pada waktu itu masih berdiri sendiri tanpa induk organisasi IPSI. Pada tahun 1969, atas nama komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI) Cabang Magetan menunjuk dan mengangkat Bp. Wagiman menjadi ketua IPSI cabang Magetan pada kurun waktu tahun 1969 sampai tahun 1971. pada masa inilah Bp. Wagiman mulai aktif menggerakkan kegiatan IPSI, untuk mengisi kekosongan aktifitas IPSI cab. Magetan. Tepatnya pada tanggal 1 april 1971, secara resmi digiatkannya olah raga bela diri pencak silat yang mendapat rekomendasi dan ijin dari kepala Kepolisian Resort 1054 Magetan dan Komandan KODIM 0804 Magetan, yang akhirnya ini merupakan cikal bakal berdirinya organisasi olah raga bela diri pencak silat cempaka putih.

Tepatnya pada tanggal 18 juli 1974 dengan diberi nama Organisasi Olah Raga Bela Diri Cempaka Putih secara resmi didirikan oleh Bapak Wagiman. Kemudian diakui dan terdaftar pada IPSI cab. Magetan dengan surat keputusan No. 3/6/IPSI/74 kemudian dinyatakan sebagai pusat induk Organisasi Olah Raga Pencak Silat Cempaka Putih berada di Magetan Provinsi Jawa Timur.
Di dalam mendirikan Organisasi Olah Raga Bela Diri Pencak Silat Cempaka Putih, Bapak Wagiman mendapat dukungan dari para pendekarnya antara lain:
1.Kol. Pol. Drs. Cuk sugiarto, MA.
2.Letkol Pol. Drs. Pranowo
3.Kapten Inf. Purn. Ngadeni
4.Lettu Pol. Sukar H.W
5.Lettu Pol. Puguh
6.Peltu Pol. Purn. Masdar
7.Peltu Pol. Purn. Mulyono H.S
8.H. Soemarmo
9.Purdjito
10.Ahmad Nidom
11.Maelan
12.Kusnidi

Didalam pengembangan telah disiapkan pula para pelatih yang handal antara lain:
1.Drs. Kusdi
2.Sugeng Haryono
3.Syukurno
4.Suprapto
5.Totok Suprapto

Dengan modal Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Organisasi Olah Raga Bela Diri Pencak Silat Cempaka Putih dan dengan landasan spiritual: ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, landasan moral: pancasila, serta landasan operasional : panca setia cempaka putih, dengan semboyan WIRO YUDHO WICAKSONO dan lambing bunga cempaka berwarna putih berdiri dengan kokoh dan mekar berkembang di seluruh wilayah persada nusantara
Di dalam pengembangannya Organisasi Olah Raga Bela Diri Cempaka Putih berpedoman pada ajaran-ajaran dan kaidah-kaidah pencak silat, serta menyesuaikan dengan perkembangan zaman yang serba maju dan modern.

Dengan bekal ilmu lahir maupun batin yang dikembangkan dan dituangkan dalam bentuk bahan pendidikan dan pembinaan yang meliputi:
Ilmu Teknik Pencak Silat
Ilmu Tenaga dalam
Ilmu terapi ( penyembuhan )
Ilmu kerohanian

Kini Organisasi Olah Raga Bela Diri Pencak Silat Cempaka Putih telah berkembang pesat dan telah mencetak jutaan pendekar yang terdiri dari tiga tingkatan warga, yaitu:
Tingkat Warga Purwa
Tingkat Warga Madya
Tingkat Warga Wasana
Tingkat Warga Dwija 

 Pencak Silat Cempaka Putih Video

Berikut ini adalah video atraksi yang diperagakan oleh Pencak Silat Cempaka Putih. keluarga PSCP rantng wulung,cabang blora,,,salam satu jiwa wiro yudo wicaksono

Sabtu, 09 Maret 2013

Pengertian Pencak Silat

Pengertian Pencak Silat

Pengertian Pencak Silat di Indonesia, pencak silat merupakan seni beladiri tradisional yang berasal asli dari Nusantara, dan pencak silat merupakan bagian dari kebudayaan bangsa Indonesia berkembang sejalan dengan sejarah masyarakat Indonesia. 

Pengertian Pencak Silat Secara Umum

Pengertian Pencak silat secara umum adalah merupakan metode bela diri yang diciptakan untuk mempertahankan diri dari bahaya yang dapat mengancam keselamatan dan kelangsungan hidup. Sedangkan di dalam kamus bahasa Indonesia, pengertian pencak silat diartikan sebagai suatu permainan /keahlian dalam mempertahankan diri dengan kepandaian menangkis, menyerang dan membela diri dengan  atau tanpa senjata. Ada juga yang mengatakan bahwa pencak silat adalah gerak bela diri tingkat tinggi yang disertai dengan perasaan sehingga penguasaan gerak efektif dan terkendali.
  

Pengertian Pencak Silat di Indonesia

Berikut ini ada beberapa pendapat yang berbeda-beda oleh para ahli dalam mendefinisikan pencak silat:
1. Abdus Sjukur
Abdul Sjukur merupakan tokoh perguruan tinggi pencak silat bawean.
Beliau mendefinisikan pengertian pencak silat sebagai berikut : 
"Pencak  adalah gerakan langkah keindahan dengan menghindar yang disertakan gerakan berunsur komedi. Pencak dapat dipertotonkan sebagai sarana hiburan. Silat adalah unsur teknik bela diri menangkis, menterang dan yang tidak dapat diperagakan di depan umum." 

2. Hasan Habudin 
Hasan Habudin merupakan adalah tokoh pencak silat pamur di madura.
Beliau mendefinisikan pengertian pencak silat sebagai berikut:

"Pencak adalah seni bela diri yang diperagakan dengan diatur, padahal silat sebagai inti sari dari pecak tidak dapat diperagakan. Di kalangan suku Madura pencak dianggap berakar dari bahasa Madura ‘apengkarepeng laju aloncak’, yaitu bergerak tanpa aturan sambil  meloncak.
Silat ‘se amaen alat mancelat’ yaitu sang pemain berloncat kian kemari seperti kilat."
3. Boechori Ahmad
Boechori Ahmad merupakan tokoh pencak silat  Tapak Suci di Jember
Beliau mendefinisikan pengertian pencak silat sebagai berikut:

"Istilah ‘pencak’ bersal dari Madura ajar dari kata ‘pecak’ sebetulnya lain, yaitu ‘acak mancak’ yang berarti melompat ke kiri ke kanan dengan menggerakkan tangan dan kaki.
Pencak adalah fitrah manusia untuk membela diri sedangkan silat sebagai unsur yang menghubungkan gerakan dan pikiran."
3. alm. Imam Koesepangat
alm. Imam Koesepangat merupakan Guru Besar Setia Hati Teratai Madiun:
Beliau mendefinisikan pengertian pencak silat sebagai berikut:
"Pencak adalah gerak bela diri tanpa lawan
Silat adalah bela diri yang tidak boleh dipertandingkan
Menurut Mr. Wongsonegoro, tokoh dari IPSI
Pencak adalah gerakan serang bela yang berupa tari dan berirama dengan peraturan adat kesopanan tertentu, yang biasa dipertunjukkan di depan umum.
Silat adalah inti sari dari pecak, ilmu yang memperkelahian atau membela di mati matian yang tidak dapat dipertunjukan di depan umum."
4. Holidin 
Holidin merupakan tokoh Panglipur yang terletak di Bandung.
Beliau mendefinisikan pengertian pencak silat sebagai berikut :
"Pencak adalah akal pengetahuan, pengucap dan hak guna pakai
Silat adalah silahturahim".
5. Soetardjonegoro
Soetardjonegoro merupakan tokoh Phasadja Mataram yang berada di yogyakarta.
Beliau mendefinisikan pengertian pencak silat sebagai berikut :
"Pencak adalah gerak bela serang yang teratur menurut sistem, waktu, tempat dan iklim dengan selalu menjaga kehormatan masing-masing secara kesatria, tidak melukai perasaan.
Silat adalah gerak bela serang yang erat hubungannya denngan rohani, sehinggga menghidup suburkan naluri, menggerakan hati nurani manusia, langsung menyerang kepada Tuhan Yang Maha Esa."
Itulah tadi beberapa definisi pengertian pencak silat baik secara umum maupun secara khusus yang di sampaikan oleh beberapa pendapat dari para ahli. semoga informasi diatas bisa bermamfaat.
source: http://virditri.blogspot.com/2011/02/pengertian-pencak-silat.html