Selasa, 10 September 2013

Macam Macam Tangkisan Dalam Pencak Silat

Macam Macam Tangkisan Dalam Pencak Silat

Di Pencak silat seain dikenal dengan teknik bantingan, tendangan dan pukulan. Dikenal juga Teknik tangkisan, nah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa macam tangkisan yang dikenal di Pencak Silat. Disini ada 4 macam teknik tangkisan dalam pencak silat beserta gambar nya :

1. Tangkisan Dalam Pencak Silat
Yaitu teknik menangkis pencak silat dengan gerakan tangkisan dari luar ke dalam sejajar dengan bahu. berikut gambarnya.
2. Tangkisan Luar Pencak Silat
tangkisan ini adalah kebalikan dari tangkisan dalam, yaitu  Tangkisan dari dalam ke luar sejajar dengan bahu. berikut gambarnya.
 3. Tangkisan Atas Pencak Silat
tangkisan atas dalam pencak silat yaitu bentuk tangkisan dari bawah ke atas, berfungsi untuk melindungi kepala dari serangan lawan. berikut gambarnya :


  4. Tangkisan Bawah Pencak Silat
Tangkisan bawah dalam pencak silat ini adalah bentuk tangkisan dari atas ke bawah. berikut gambarnya.
  

Senin, 02 September 2013

Kategori Pencak Silat dalam Pertandingan

Kategori Pencak Silat dalam Pertandingan

Dalam pertandingan pencak silat dibedakan menjadi beberapa kategori dalam pencak silat. Sedang di Pencak Silat sendiri dalam pertandingan dibedakan menjadi 4 kategori yaitu :

1. Tanding
2. Tunggal
3. Ganda
4. Regu

1. Tanding
Adalah kategori dalam pencak silat dimana dalam kategori tanding ini adalah menampilkan 2 kubu dari pesilat dimana masing masing akan saling berhadapan menggunakan unsur pembelaan dan juga serangan

2. Tunggal
Adalah kategori dalam pencak silat yang menampilkan seorang pesilat dengan memperagakan jurus tunggal baku dengan benar, penuh kejiwaan, mantap, dengan menggunakan tangan kosong dan juga dengan menggunakan senjata.

3. Ganda
Adalah kategori dalam pencak silat dengan menampilkan dua pesilat yang berasal dari kubu yang sama dan kedua nya menampilkan jurus serang bela, dan juga jurus tersebut ditampilkan secara terencana, efektif, estetis, mantap dan juga logis.

4. Regu
Adalah kategori dalam pencak silat dimana dalam pertandingan yang menampilkan 3 pesilat yang berasal dari kubu yang sama dimana mereka menampilkan kemahiran jurus regu baku dengan benar, tepat, mantap, kompak dan menggunakan teknik tangan kosong.