Berita Terbaru
Loading...
Sabtu, 19 November 2016

Ciri Ciri Khusus Pencak Silat

Ciri Ciri Khusus Pencak Silat
Ciri Ciri Khusus Pencak Silat -  Semua beladiri di dunia tentunya memiliki ciri khas tersendiri, ada beladiri yang lebih mengandalkan pukulan seperti karate, ada beladiri yang khusus mengandalkan tendangan seperti taekwondo, lalu apa ciri khas beladiri pencak silat itu sendiri? Pencak silat merupakan beladiri yang berasal dan asli dari Indonesia oleh karena itu seharusnya kita ikut serta melestarikan seni beladiri ini, Sudah banya perguruan perguruan silat di Indonesia yang telah melahirkan manusia yang mempunyai mental yang bagus, terampil, tegas, terpuji, memiliki budi pekerti luhur, mempunyai wibawa sehingga dijadikan panutan di lingkungan masyarakatnya. Orang seperti ini di pencak silat layak disebut sebagai pendekar.

Pencak silat memiliki ciri ciri umum dan juga ciri ciri khusus, sehingga beladiri ini bisa dibedakan dengan bela diri lainnya, berikut ini akan kami berikan informasi mengenai ciri-ciri khusus dan juga ciri-ciri umum pencak silat di Indonesia.

1. Ciri Ciri Umum Pencak Silat :
a. Pencak silat dilahirkan dan juga tumbuh dengan serasi dengan alam sekitarnya, adab dan sopan santunnya, tempramennya/watak dan kepribadian suku bangsanya, agama atau kepercayaan dan kebatinannya.
b. Pencak silat tidak perlu menggunakan senjata tertentu, benda apapun dapat dijadikan senjata untuk membela diri.
c. Pencak silat dapat dilakukan dengan menggunakan tangan kosong maupun dengan memakai senjata
d. Pencak silat memakai seluruh anggota tubuh untuk membela diri.


2. Ciri-Ciri Khusus Pencak Silat  
a. Hemat, menyalurkan tenaga yang minimal. 
b. Memanfaatkan setiap serangan dan tenaga lawan 
c. Mempergunakan prinsip timbangan, permainan posisi lawan dengan pemindahan titik berat badan. 
d. Mempergunakan kelincahan, kelentukan, kecepatan, saat (timing) dan sasaran yang tepat disertai gerak reflek untuk mengatasi lawan bukan mengandalkan kekuatan tenaga 
e. Sikap tenang namun selalu waspada

Itulah informasi dari kami mengenai ciri ciri khusus dan juga ciri ciri umum pencak silat, informasi tersebut diatas kami dapatkan dari sumber http://www.kerispusaka.org/2016/06/ciri-ciri-pencak-silat.html, semoga bisa bermanfaat untuk anda dan terimakasih telah mengunjungi blog kami ini. 
Next
This is the most recent post.
Posting Lama

7 komentar:

  1. Terimakasih
    😀 Sangat berguna........

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah menolong saya tentang ciri ciri khusus anda saya banyak tera kasihh telah membantu saya 😁😀😄😃😊😆🤗😇

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus