Berita Terbaru
Loading...
Selasa, 19 Maret 2013

Teknik Dasar Pencak Silat

Teknik Dasar Pencak Silat

Teknik Dasar Pencak Silat Beserta Gambarnya.

Sebelumnya perlu kita ketahui bahwa Beladiri pencak silat merupakan tradisi bangsa Indonesia yang sudah turun temuran di wariskan kepada generasi hingga sekarang, bahkan pencak silat kini telah menjadi olah raga resmi yang dipertandingkan di SEA GAMES.

Di Pencak Silat Dikenal adanya Kuda-kuda. Fungsi dari Kuda- kuda di pencak silat diantaranya adalah untuk memperkokoh  atau memperkuat  posisi berdiri kaki kita di saat melakukan penyerangan maupun tangkisan terhadap lawan. Pembentukan sikap dasar pencak silat sikap berdiri  ada tiga yaitu sikap berdiri tegak, sikap kangkang, dan sikap kuda-kuda. Ada 6 kuda - kuda yang mendasari dalam pencak silat, berikut ini akan kami jelaskan satu persatu dilengkapi dengan gambar :

1. Sikap Kuda Kuda Depan 
yang dimaksud dengan sikap Kuda-kuda depan adalah dibentuk dengan posisi kaki didepan ditekuk dan kaki belakang lurus, telapak kaki belakang serong ke arah luar, berat badan ditumpukan  pada kaki depan, badan tegap dan pandangan kedepan. 

2. Sikap Kuda Kuda Belakang 
Ikap Kuda Kuda belakang di pencak silat yang dimaksuda adalah Berat badan kuda-kuda belakang di bentuk dengan bertumpu pada kaki belakang. Tumit yang dipakai sebagai tumpuan tegak dengan panggul, badan agak condong ke depan, kaki depan di injit dengan, menapak dengan tumit atau ujung kaki. Berikut ini akan kami sertakan gambar untuk lebih jelas nya.
3. Kuda Kuda Tengah 
Yang dimaksud dengan kuda kuda tengah di pencak silat adalah dengan kedua kaki ditekukan dengan titik berat badan berada ditengah.
 4. Kuda Kuda Samping
Kuda-kudasamping yang dimaksud diatas adalah cara untuk melakukan dengan satu kaki ditekuk dan kaki yang lain lurus ke samping, berat badan pada kaki yang ditekuk, bahu sejajar atau segaris dengan kaki. Untuk lebih jelasnya maka berikut ini kami sertakan gambarnya.
  5. Kuda Kuda silang depan
Kuda kuda silang depan dalam pencak silat yang dimaksud diatas adalah Kuda-kuda silang yang dibentuk dengan menginjakkan satu kaki ke depan atau kebelakang kaki yang lain, berat badan ditumpukan pada satu kaki, kaki yang lain ringan sentuhan dengan ibu atau ujung jari kaki. Unruk lebih jelasnya maka berikut ini akan kami sertakan gambarnya.

 6. Kuda Kuda Silang Belakang
Maksud dari Kuda Kuda Selang Belakang di dalam pencak silat diatas adalah kuda-kuda dengan salah satu kaki berada di belakang  dengan keadaan menyilang dan kaki di tumpukan ke belakang,badan tetap lurus agar tidak jatuh saat melakukan  gerakan tersebut. Berikut gambar dari kuda kuda silang belakang untuk lebih jelasnya.

 source: http://kuda2silat.blogspot.com/2012/10/teknik-dasar-dalam-pencak-silat.html


0 komentar:

Posting Komentar